Menlu Retno Serukan Kerja Sama Indonesia-Afrika untuk Hadapi Tantangan Global - PESONA BALI NEWS

Minggu, 01 September 2024

Menlu Retno Serukan Kerja Sama Indonesia-Afrika untuk Hadapi Tantangan Global

Nusa Dua | Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, dalam pidatonya di Indonesia Africa Parliamentary Forum 2024, menekankan pentingnya memperkuat kerja sama antara Indonesia dan negara-negara Afrika dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. 

Retno juga menyambut baik para anggota parlemen dari negara-negara Afrika dan menyampaikan penghargaan atas kehadiran mereka di forum tersebut.

“Pertama-tama, terima kasih banyak telah mengundang saya. Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk berbicara di hadapan Anda semua hari ini,” ujar Retno di Bali, Minggu (1/9).

Ia juga menyampaikan apresiasi atas hubungan persahabatan yang erat antara Indonesia dan negara-negara Afrika, yang telah terjalin sejak Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 di Bandung.

 “Saya mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Africa Parliamentary Forum pertama ini, yang menunjukkan eratnya persahabatan antara Indonesia dan negara-negara Afrika, sebagaimana yang telah dimulai sejak Konferensi Asia-Afrika 1955,” tambahnya.

Retno Marsudi menekankan bahwa kerja sama antar parlemen dapat menjadi jembatan yang menghubungkan aspirasi rakyat dalam menghadapi berbagai tantangan global, seperti ketegangan geopolitik dan dampak multi-dimensional dari perubahan iklim. 

“Dalam konteks ini, kolaborasi antar parlemen sangatlah penting. Ini memungkinkan kita untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam mencari solusi atas tantangan-tantangan ini, sekaligus menjadi jembatan antara aspirasi rakyat,” jelas Retno.

Ia juga menyoroti peran penting parlemen dalam mempertahankan perdamaian dan stabilitas, serta dalam menangani isu-isu kemanusiaan global. Menurutnya, pengalaman dan kebijakan yang responsif dari parlemen dapat membantu mengatasi berbagai tantangan global yang kompleks. 

“Parlemen dapat berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam merumuskan kebijakan yang responsif, adil, dan efektif untuk mendukung upaya mengatasi tantangan global yang kompleks saat ini,” ungkap Retno.

Selain itu, Retno juga menekankan potensi besar untuk memperluas kerja sama antara Indonesia dan negara-negara Afrika di berbagai bidang, termasuk kesehatan, investasi, energi, dan pertanian. 

“Ada potensi besar untuk memperluas kerja sama di bidang kesehatan, investasi, energi, dan pertanian. Kita harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan manfaat nyata bagi masyarakat kita,” ujar Retno.

Retno Marsudi juga menyatakan bahwa Indonesia siap untuk berbagi praktik terbaik dan menawarkan peningkatan kapasitas di bidang-bidang tersebut sebagai bagian dari upaya memperkuat solidaritas negara-negara Selatan.

“Melalui kemitraan parlemen yang kuat, mari kita bersama-sama mencapai tujuan bersama kita, yaitu keamanan dan kesejahteraan bagi semua,” tutupnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda